Cacing apa yang dapat merayap keluar dari hidung?

Cacing apa yang dapat merayap keluar dari hidung?



          Sekitar 1,4 miliar orang di seluruh dunia punya satu atau lebih cacing ascaris yang hidup di dalam tubuh mereka. Meski begitu, cacing-cacing ini jarang menimbulkan masalah, sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi tuan rumah bagi para tamu tak diundang ini. Jenis cacing parasit tersebut yang paling banyak ditemukan adalah Ascaris lumbricoides atau cacing gelang, yang panjangnya sekitar 15 hingga 35,5 sentimeter, atau kira-kira seukuran cacing tanah. Bagaimana mereka menemukan jalan masuk kedalam tubuh kita?


          Telur-Telur cacing ascaris ini dibawa keluar dari dalam tubuh manusia bersama dengan tinja, lalu mereka menemukan jalan masuk kembali ke dalam tubuh kita melalui makanan atau jari-jari tangan yang kotor.

          Setelah masuk ke dalam, telur-telur cacing menetas menjadi larva di dalam perut manusia, sebelum pindah ke usus halus. Larva-larva tersebut lalu menembus dinding usus halus sehingga masuk ke dalam peredaran darah dan terbawa ke seluruh tubuh. Larva cacing dapat menemukan jalan menuju paru-paru. Ketika sedang menjelajah, larva-larva cacing ascaris muda cenderung membuat gatal saluran udara saat mereka merayap didasar tenggorokkan, sehingga secara otomatis sang pemilik tenggorokkan akan terbatuk-batuk, membuat larva seolah punya tumpangan gratis menuju tenggorokkan. Kadang-kadang karena batuk tersebut cacing ascaris dewasa bisa ikut keluar dari mulut seseorang sehingga membuatnya kaget setengah mati *you don’t say bro ._.


          Selanjutnya , dari kerongkongan, larva-larva tadi tertelan dan terbawa kembali ke usus halus yang menjadi tuan rumah mereka, tempat mereka akan tumbuh menjadi cacing-cacing dewasa… *yey!!  kau akan tumbuh besar dalam tubuh ini sayang :’


          Cacing dewasa dapat hidup di dalam usus manusia sekitar 6 sampai 24 bulan. Banyak orang biasanya tidak menyadari kehadiran gerombolan hewan ini hingga mereka melihat seekor cacing dewasa dalam kotoran mereka atau ikut keluar bersama dahak ketika batuk. Konon, cacing-cacing itu juga bisa keluar dari hidung atau dalam muntahan mereka. Dalam kasus-kasus berat, ketika tubuh seseorang telah menjadi sarang cacing-cacing ini,ia akan menderita anemia atau kekurangan gizi. Di Amerika Serikat diperkirakan ada sekitar empat juta orang yang punya cacing ini di dalam tubuh mereka.



1 comments:

Powered by Blogger.

Kajian with Teman Temani : Women In Islam !

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ! Selamat pagi pals! salam dari Jember yang setia dengan langit birunya. Kali ini, ( seperti...

Flag Counter