Cara Mencegah Berbagai Flu dengan Acar Lobak Jepang

Hai! di Indonesia sekarang musim kemarau telah tiba.. Panas di siang hari dan dingin di malamnya .. Namun tetap saja yang namanya flu tak ada habisnya ..
Bagi sebagian orang, musim penghujan merupakan puncak mewabahnya penyakit flu. Jika Anda juga mengalaminya, coba atasi flu dengan mengonsumsi acar lobak.
Acar Lobak ? hm apa itu ya? Mau tau Cara membuatnya?

















Bahan :
1 buah lobak ukuran sedang, kupas, potong 4 x 1/2 x 1/2 cm
30 g wortel ukuran sedang potong 4 x 1/2 x 1/2 cm
1 sdt cuka
1 sdt garam
1 sdm gula pasit

Cara Membuat :
1. Campur lobak dan wortel dengan cuka,garam dan gula, aduk rata, biarkan selama 2 jam.
2. Sajikan. ^o^ memang sedikit lama untuk membuatnya yah?

 Sebuah penelitian menemukan bahwa bakteri lactobacillus dalam acar lobak atau dalam bahasa lokal disebut Suguki, mampu melawan virus flu.
Bakteri ini bahkan diperkirakan bisa mencega strain virus flu seperti H1N1 dan virus flu burung mematikan H7N9 yang baru-baru ini muncul di China.
Para ahli melakukan penelitiannya pada minuman probiotik dengan ekstrak acar lobak. Minuman berisi strain bakteri KB290 itu kini sejang diuji klinis pada manusia, setelah sebelumnya berhasil diujikan pada tikus.
Naoko Waki, wakil dari perusahaan makanan Jepang Kagome yang melakukan studi mengatakan: “Penelitian kami menunjukkan bahwa ketika strain tertentu lactobacillus brevis dimakan oleh tikus, ia melindungi tikus terhadap infeksi virus influenza,” katanya seperti dikutip Mail Online.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Letters in Applied memuat bahwa lapisan gula exopolysaccharides yang menjaga bakteri dari asam lambung bisa jadi kuncinya. 

Kami tahu bahwa exopolysaccharides memiliki efek meningkatkan kekebalan pada bakteri serupa, jadi kami bertanya-tanya apakah exopolysaccharides dari KB290 bertanggung jawab atas dampak yang kita lihat.”

Dalam ujicoba pada tikus, bakteri menyebabkan sistem kekebalan tikus meningkat, sehingga memproduksi antibodi flu lebih banyak.
Tahun lalu, ilmuwan menemukan ada vaksin flu baru yang melindungi dari semua strain virus. Vaksin flu tersebut baru akan tersedia dalam lima tahun. Hehe ^^"
Namun yang paling penting setidaknya kita harus mencegahnya dari hal yang paling kecil, seperti mencuci tangan setiap kali mau makan dan menyentuh makanan, Menutup dengan sapu tangan ketika bersin dan berhadapan dengan orang yang mengidap flu atau lebih baik jika memakai masker yang steril.
Tapi ada satu cara lagi lo yang dapat membuat kita tahan terhadap flu (kecuali jika memang ditakdirkan mengidap flu untuk beberapa saat oleh Tuhan) hm.. apa memangnya? yaitu keyakinan dari hati bahwa kita pasti tahan terhadap flu, aku pasti kuat! dengan berfikiran positif itu lebih baik dari pada kita malah berkutat dengan perasaan takut akan suatu keadaan dan merasa tidak bisa menghadapinya. Dan keyakinan seperti ini bisa di aplikasikan di berbagai kegiatan positif selama kita hidup loh! 

Insya Allah dengan begitu segalanya akan lancar walaupun kita sedang menghadapi cobaan  namun pada hakekatnya dengan selalu berfikiran positif akan menghindarkan kita dari lembah ketakutan! begitu juga dari ketakutan dari serangan flu... hahaha... 

^o^! 

Semangat!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kajian with Teman Temani : Women In Islam !

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ! Selamat pagi pals! salam dari Jember yang setia dengan langit birunya. Kali ini, ( seperti...

Flag Counter