Mengapa Kopi Dari Kotoran Luwak Sangat Mahal ?

Assalamualaikum ^-^
Hariini aku mau bagi informasi seputar Kopi Luwak !



Selain dikenal sebagai kopi termahal di dunia, kopi luwak juga merupakan kopi ciri khas Indonesia, yang juga dipercayai sebagai kopi terbaik di dunia, serta sangat populer di Jepang dan Amerika Serikat. Sangat menakjubkan, saat mengetahui bahwa bubuk kopi luwak berasal dari biji kopi yang telah dimakan oleh hewan bernama luwak, lalu biji kopi tersebut dikeluarkan kembali bersama kotorannya.





Luwak adalah binatang mamalia seperti musang yang bertubuh kecil dan hidup di kawasan hutan hujan tertentu di Indonesia. Makanan kesukaan luwak adalah buah jenis keluarga berry, serangga dan serangga kecil lainnya. Namun, hewan ini ternyata juga penikmat biji kopi. Hebatnya, luwak tidak sembarangan makan biji kopi, mereka hanya memilih biji kopi paling ranum dan matang. Biji-bijikopi tersebut hampir tidak berubah selama melalui proses pencernaan dalam tubuh luwak, sampai akhirnya dikeluarkan bersama kotorannya, lalu dipanen oleh pemetik biji kopi yang dianggapkurang beruntung, karena ia hanya berhasil memanen biji kopi dari kotoran luwak. Tetapi kemudia ia malah berhasil menjual biji-biji kopi tersebut dengan harga yang fantastis kepada penggemar kopi yang kaya raya. Untuk menikmati 57 gram kopi luwak, yang hanya cukup untuk membuat secangkir kopi saja, pembeli harus membayar 25 poundsterling atau sekitar 375.000 rupiah. sungguh cara yang mahal hanya untuk meminum secangkir kopi. haha.. namun sudah kita tau di Indonesia sendiri kita bisa setiaphari meminum se sachet kopi luwak denganharga kurang lebih 2000 per bungkus, namun yang jelas rasanya saangaat jauh berbeda dengan kopi luwak asli!



Tetapi, apa sebetulnya yang menyebabkan rasa kopi luwak bisa sedemikian lezat? ada dua kemungkinan, Pertama, cita rasa lezat yang luar biasa disebabkan cairan pencernaan yang terdapat pada tubuh luwak. Kemungkinan kedua, cairan pencernaan boleh jadi tidak ada pengaruhnya tetapi tidak lebih karena kepandaian luwak saat memilih hanya bijikopi yang benar-benar matang dan ranum.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Kajian with Teman Temani : Women In Islam !

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ! Selamat pagi pals! salam dari Jember yang setia dengan langit birunya. Kali ini, ( seperti...

Archive

Flag Counter